Kamis, 23 Desember 2010

PERKATAAN PARA ‘ULAMA YANG MENGUATKAN PENDAPAT IMAM SYAFI’I DALAM MASALAH DUDUK TASYAHHUD AKHIR

PERKATAAN PARA ‘ULAMA YANG MENGUATKAN PENDAPAT IMAM SYAFI’I PDF Cetak
  .
Ditulis oleh Al-Ustadz Abu Karimah Askari bin Jamal Hafizhahulloh   
Selasa, 07 Desember 2010 15:10
PERKATAAN PARA ‘ULAMA YANG MENGUATKAN PENDAPAT IMAM SYAFI’I
DALAM MASALAH DUDUK TASYAHHUD AKHIR

Berkata Al-Hafidz Ibnu Hajar رحمه الله :

وَفِي هَذَا الْحَدِيْثِ حُجَّةٌ قَوِيَّةٌ لِلشَّافِعِيِّ وَمَنْ قَالَ بِقَوْلِهِ فِي أَنَّ هَيْئَةَ الْجُلُوسِ فِي التَّشَهُّدِ اْلأَوَّلِ مُغَايِرَةٌ لِهَيْئَةِ الْجُلُوسِ فِي اْلأَخِيْرِ ، وَخَالَفَ فِي ذَلِكَ الْمَالِكِيَّةُ وَالْحَنَفِيَّةُ فَقَالُوا : يُسَوِّي بَيْنهمَا ، لَكِنْ قَالَ الْمَالِكِيَّةُ : يَتَوَرَّكُ فِيهِمَا كَمَا جَاءَ فِي التَّشَهُّدِ اْلأَخِيْرِ ، وَعَكَسَهُ اْلآخَرُونَ.
ثُمَّ قَالَ : وَاسْتَدَلَّ بِهِ الشَّافِعِيُّ أَيْضًا عَلَى أَنَّ تَشَهُّدَ الصُّبْحِ كَالتَّشَهُّدِ اْلأَخِيْرِ مِنْ غَيْرِهِ لِعُمُومِ قَوْلِهُ " فِي الرَّكْعَةِ اْلأَخِيْرَةِ " ، وَاخْتَلَفَ فِيهِ قَوْل أَحْمَدَ ، وَالْمَشْهُورُ عَنْهُ اِخْتِصَاصُ التَّوَرُّكِ بِالصَّلاَةِ الَّتِي فِيهَا تَشَهُّدَانِ.

"Dalam hadits ini merupakan hujjah yang kuat bagi Imam Asy-Syafi'i dan yang sependapat dengannya bahwa keadaan duduk pada raka'at yang pertama berbeda dengan duduk pada raka'at terakhir. Dan Al-Malikiyyah dan Al-Hanafiyyah menyelisihi hal tersebut dan mengatakan: disamakan antara keduanya. Namun Al-malikiyyah mengatakan: dia bertawarruk pada dua duduk tersebut seperti yang terdapat pada tasyahhud akhir, sedangkan yang satunya (Al-Hanafiyyah) sebaliknya.
Lalu Al-Hafidz melanjutkan: dan Imam Syafi'i menjadikan ini sebagai dalil pula bahwa tasyahhud diwaktu subuh adalah seperti tasyahhud akhir yang berbeda dengan yang lainnya, berdasarkan keumuman perkataannya "pada raka'at terakhir", dan diperselisihkan perkataan imam Ahmad padanya, dan yang masyhur dari beliau adalah duduk tawarruk dikhususkan pada shalat yang memiliki dua tasyahhud.[1]

Berkata An-Nawawi رحمه الله: berkata Imam Syafii dan pendukungnya:

فَحَدِيْثُ أَبِي حُمَيْدٍ وَأَصْحَابِهِ صَرِيْحٌ فِي اْلفَرْقِ بَيْنَ التَّشَهُّدَيْنِ. وَبَاقِيَ اْلأَحَادِيْثُ مُطْلَقَةٌ فَيَجِبُ حَمَلَهَا عَلَى مُوَافَقَتِهِ, فَمَنْ رَوَى التَّوَرُّكَ أَرَادَ اْلجُلُوْسَ فِي التَّشَهُّدِ اْلأَخِيْرِ, وَمَنْ رَوَى اْلاِفْتِرَاشَ أَرَادَ اْلأَوَّلَ. وَهذَا مُتَعَيِّنٌ لِلْجَمْعِ بَيْنَ اْلأَحَادِيْثِ الصَّحِيْحَةِ لاَ سِيَمَا وَحَدِيْثُ أَبِي حُمَيْدٍ وَافَقَهُ عَلَيْهِ عَشَرَةٌ مِنْ كِبَارِ الصَّحَابَةِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمْ. وَاللهُ أَعْلَمُ.
"Hadits Abu Humaid radiallohu ‘anhu dan para shahabatnya jelas membedakan antara dua duduk tasyahhud, sedangkan hadits-hadits yang lainnya adalah hadits yang mutlak, sehingga wajib untuk dipahami dengan tepat. Adapun yang meriwayatkan hadits mengenai duduk tawarruk, maka yang dimaksud adalah duduk pada tasyahhud akhir, dan yang meriwayatkan tentang duduk iftirasy, yang dimaksud adalah tasyahhud awal. Sehingga harus dilakukan penggabungan antara hadits-hadits yang shahih, terlebih lagi hadits Abu Humaid As-Sa'idi telah disetujui oleh sepuluh orang dari para pembesar shahabat Radhiallahu 'Anhum. Wallahu a'lam".[2]

Dan berkata Al-Mubarakfuri رحمه الله :

وَاْلإِنْصَافُ أَنَّهُ لَمْ يُوجَدْ حَدِيثٌ يَدُلُّ صَرِيحًا عَلَى اِسْتِنَانِ الْجُلُوسِ عَلَى الرِّجْلِ الْيُسْرَى فِي الْقَعْدَةِ اْلأَخِيرَةِ ، وَحَدِيثُ أَبِي حُمَيْدٍ مُفَصَّلٌ فَلْيُحْمَلْ الْمُبْهَمُ عَلَى الْمُفَصَّلِ.
"Secara insaf (Yang pertengahan/adil) adalah bahwa tidak didapatkan satupun hadits yang menunjukkan secara jelas tentang disunnahkannya duduk diatas kaki kiri (duduk iftirasy, pen) pada duduk terakhir. Dan hadits Abu Humaid terperinci, sehingga yang global dibawa maknanya kepadanya yang terperinci".[3]

Berkata Abut Thayyib Aabadi رحمه الله :
وَفِي حَدِيث أَبِي حُمَيْدٍ حُجَّةٌ قَوِيَّةٌ صَرِيحَةٌ عَلَى أَنَّ الْمَسْنُونَ فِي الْجُلُوسِ فِي التَّشَهُّدِ اْلأَوَّلِ الاِفْتِرَاشُ وَفِي الْجُلُوسِ فِي اْلأَخِيْرِ التَّوَرُّكُ وَهُوَ مَذْهَبُ الشَّافِعِيّ وَهُوَ الْحَقُّ عِنْدِي وَاللَّهُ تَعَالَى أَعْلَم.
"Dalam hadits Abu Humaid radiallohu ‘anhu merupakan hujjah yang kuat dan jelas bahwa yang disunnahkan duduk pada tasyahhud pertama dengan iftirasy dan pada duduk akhir dengan tawarruk. Dan ini adalah madzhab Syafi'i dan inilah yang benar menurutku. Wallahu ta’ala a'lam. "[4]

Asy-Syaukani رحمه الله mengatakan:

وَالتَّفْصِيلُ الَّذِي ذَهَبَ إلَيْهِ أَحْمَدُ يَرُدُّهُ قَوْلُ أَبِي حُمَيْدٍ فِي حَدِيثِهِ اْلآتِي )) فَإِذَا جَلَسَ فِي الرَّكْعَةِ اْلأَخِيرَةِ (( وَفِي رِوَايَةٍ ِلأَبِي دَاوُد )) حَتَّى إذَا كَانَتْ السَّجْدَةُ الَّتِي فِيهَا التَّسْلِيمُ ((.
"Dan rincian yang menjadi pendapat Imam Ahmad tertolak dengan ucapan Abu Humaid dalam haditsnya "jika duduk pada raka’at terakhir" dan pada riwayat Abu Dawud "hingga pada raka’at yang padanya terdapat salam". (Nailul Authar: 1/563) [5]


Kemudian pendapat Imam Syafi’i ini juga dikuatkan oleh Ibnu Hazm رحمه الله .
Berkata Ibnu Hazm رحمه الله :

" فَفِيْ الصَّلاَةِ أَرْبَعُ جَلَسَاتٍ : جِلْسَةُ بَيْنَ كُلِّ سَجْدَتَيْنِ, وَجِلْسَةُ إِثْرِ السَّجْدَةِ الثَّانِيَّةِ مِنْ كُلِّ رَكْعَةٍ, وَجِلْسَةُ لِلتَّشَهُّدِ بَعْدَ الرَّكْعَةِ الثَّانِيَّةِ, يَقُوْمُ مِنْهَا إِلىَ الثَّالِثَةِ فِيْ اْلمَغْرِبِ, وَاْلحَاضِرُ فِيْ الظُّهْرِ وَاْلعَصْرِ وَاْلعِشَاءِ اْلآخِرَةِ, وَجِلْسَةُ لِلتَّشَهُّدِ فِيْ آخِرِ كُلِّ صَلاَةٍ, يُسَلِّمُ فِيْ آخِرِهَا. وَصِفَةُ جَمِيْعِ اْلجُلُوْسِ اْلمَذْكُوْرِ أَنْ يَجْعَلَ أَلِيْتِهِ اْليُسْرَى عَلَى بَاطِنِ قَدَمِهِ اْليُسْرَى مُفَتَرِشًا لِقَدَمِهِ, وَيَنْصِبُ قَدَمَهُ اْليُمْنَى ,رَافِعًا لِعَقِبِهَا,مُجَلِّسُا لَهَا عَلَى بَاطِنِ أَصَابِعِها, إِلاَّ اْلجُلُوْس الّذِيْ يَلِي السَّلاَم مِنْ كُلِّ صَلاَةٍ, فَإِنَّ صِفَتَهُ أَنْ يَفْضِيَ بِمَقَاعِدِهِ إِلىَ مَا هُوَ جَالِسٌ عَلَيْهِ, وَلاَ يَجْلِس عَلىَ بَاطِنِ قَدَمِهِ فَقَطّ ".
"Di dalam shalat ada empat keadaan duduk: duduk diantara dua sujud, duduk setelah sujud kedua dari setiap raka'at (duduk istirahat- pen-), duduk tasyahhud setelah raka'at kedua, lalu bangkit menuju raka'at ketiga pada shalat maghrib, dan shalat muqim (tidak musafir) pada shalat dzuhur, Ashar dan Isya, dan duduk untuk tasyahhud pada akhir setiap shalat, yang dia mengucapkan salam pada akhirnya. Dan semua cara duduk yang disebutkan adalah dengan menjadikan bokong kirinya berada di atas telapak kaki kirinya dengan menidurkan kakinya tersebut, dan menegakkan kaki kanannya, mengangkat tumitnya mendudukkannya diatas bagian dalam jari jemari (kakinya) tersebut (maksud beliau adalah duduk iftirasy -pen-). Kecuali duduk yang diikuti dengan salam dari setiap shalat, maka sesungguhnya caranya adalah dengan melekatkan tempat duduknya di bokongnya) ke tempat yang dia duduk di atasnya, dan tidak hanya duduk di atas telapak kakinya."[6]

Juga dikuatkan oleh salah seorang tokoh dari madzhab hanafi yang bernama Abdul Hay Al-Laknawi رحمه الله , beliau berkata:

(وَالإِنْصَافُ أَنَّهُ لَمْ يُوْجَدْ حَدِيْثٌ يَدُلُّ صَرِيْحًا عَلَى اسْتِنَانِ الجُلُوْسِ عَلَى الرِّجْلِ اليُسْرَى فِي القَعْدَةِ الأَخِيْرَةِ ,وَحَدِيْثُ أَبِيْ حُمَيْدٍ مُفَصَّلٌ فَلْيُحْمَلِ المُبْهَمُ عَلَى المُفَصَّلِ)
"Secara insaf, bahwa tidak ditemukan satupun hadits yang menunjukkan dengan jelas tentang disunnahkannya duduk di atas kaki kiri pada duduk terakhir, Dan hadits Abu Humaid lebih terperinci, maka yang global dibawa maknanya kepada yang terperinci".[7]
Semoga penjelasan ini dapat kita fahami dengan baik dan memberikan tambahan ilmu kepada para pembaca sekalian.
wallahul haadii ilaa sabiilir rasyaad.


Sumber : Risalah Ilmiah “ Tatacara Duduk Tasyahhud Akhir Dalam Setiap Shalat” Hal : 56-67


[1] (Fathul Bari:2/360).
[2] (Lihat Kitab Al-Majmu' Syarhul Muhadzdzab, 3/431. cetakan daar Ihyaa' At Turats Al-'Arabi, tahqiq Muhammad Najib Al-Muthii. Lihat pula dalam Syarah Muslim: 2/81)
[3] (Tuhfatul Ahwadzi: 2/156)
[4] (Aunul Ma’bud: 3/171).
[5] Namun Asy-Syaukani - rahimahullah - berpendapat bahwa boleh duduk iftirasy pada raka’at terakhir yang padanya terdapat dua tasyahhud, namun duduk tawarruk lebih afdhal, disebabkan karena hadits-hadits yang datang tentang duduk tawarruk lebih banyak dan lebih jelas.(lihat pula kitab : As-sailul jarrar, Asy-Syaukani: 1/220. Cetakan darul kutub al-ilmiyyah, cetakan pertama.
[6] (Al-Muhalla: 4/125).
[7] (At-ta'liq al-mumajjad, hal:111,no:12). lihat kitab: Abkaar al-minan fi tanqiidi atsaar as-sunan, karya Muhammad bin Abdurrahman Al-Mubarakfuri, takhrij Abul Qasim bin Abdil Adzhim, cetakan: idaratul buhuts al-islamiyyah bil jami'ah as-salafiyyah, banaris, India, cetakan pertama, tahun 1410 H-1990 M).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar